May 18, 2024

Kemendikbudristek Buka Beasiswa Indonesia Maju Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 3

Kemendikbudristek kembali membuka Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan ke 3. Pendaftaran program beasiswa ini akan dibuka pada 12 hingga 31 Oktober 2022. “Kami berharap nantinya alumni BIM dapat berkontribusi pada kemajuan Indonesia di sektor sektor prioritas, baik dengan memegang peran strategis di institusi global maupun memimpin institusi dalam negeri agar dapat unggul di tingkat dunia," tutur Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti melalui keterangan tertulis, Jumat (14/10/2022).

Program ini ditujukan kepada para peserta didik jenjang SMA/SMK/MA/ sederajat yang berprestasi pada empat bidang yaitu sains, riset, dan teknologi informasi, bidang seni, budaya, dan bahasa. Lalu bidang olahraga dan kesehatan jasmani, serta bidang vokasi dan kewirausahaan di tingkat nasional dan/atau internasional pada beberapa ajang kompetisi. Adapun peserta didik penerima beasiswa adalah peserta didik kelas XI jenjang SMA, SMK dan sederajat yang merupakan finalis atau pemenang dari lomba, kompetisi, festival tingkat nasional atau internasional yang digelar tiga tahun terakhir oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), atau Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) maupun oleh lembaga/masyarakat di luar Puspresnas dan BPTI.

Beasiswa Indonesia Maju ini merupakan inisiatif terobosan Kemendikbudristek untuk mendorong dan meningkatkan jumlah peserta didik Indonesia yang melanjutkan studi jenjang S1 di perguruan tinggi terbaik di dunia. "Bagi adik adik yang memperoleh kesempatan dalam program ini, harapan kami adalah tetap berprestasi di kancah dunia dan kembali ke Indonesia untuk membangun negeri," kata Suharti. Beasiswa Indonesia Maju S1 Luar Negeri Angkatan 3 ini diberikan kepada siswa yang memenuhi syarat dan lolos seleksi administrasi.

Selain itu, saat pendaftaran peserta didik juga wajib mengunggah tiga esai yang ditulis dalam bahasa Inggris. Selanjutnya, panitia akan melakukan seleksi administrasi, prestasi, substansi, dan wawancara hingga Desember 2022. Sebagai informasi, sebanyak 107 Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) terbaik di dunia telah dikurasi dan ditetapkan sebagai tujuan studi peserta didik penerima BIM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *