June 17, 2024

Sering Ditemukan dalam Produk Sampo, Ini Fungsi Biotin untuk Rambut

Dalam produk sampo, ada banyak kandungan untuk menutrisi rambut kita, salah satunya biotin. Biotin dalam sampo maupun kondisioner merupakan bentuk vitamin B yang dipercaya mampu mempercepat pertumbuhan rambut. Bagi seseorang yang ingin rambutnya terlihat lebih tebal, lebat, dan bervolume, pemakaian biotin disarankan.

Selain produk perawatan rambut, ada banyak pula suplemen biotin yang dapat dikonsumsi untuk mendapatkan rambut lebih bervolume. Di samping berbagai klaim mengenai manfaat biotin, sayangnya hanya terdapat sedikit riset yang menunjukkan penggunaan biotin dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Apalagi biotin sebenarnya banyak ditemukan di berbagai makanan, sehingga menjadikan kondisi kekurangan biotin sebagai kondisi yang jarang terjadi.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Ablon Glynis, MD, FAAD pada tahun 2012 terhadap perempuan dengan rambut tipis selama enam bulan menunjukkan, mengonsumsi suplemen biotin untuk menumbuhkan rambut memang menunjukkan perubahan. Dalam waktu enam bulan, area kepala mulai ditumbuhi oleh banyak rambut dan secara keseluruhan rambut menjadi lebih bervolume. Hanya saja perlu digarisbawahi bahwa suplemen yang dikonsumsi dalam studi tersebut tak hanya mengandung biotin semata, namun juga sejumlah kandungan lainnya.

Kandungan lain yang dimaksud ialah zinc dan zat besi. Keduanya penting untuk pertumbuhan rambut, sebab memang tidak mungkin untuk meneliti satu kandungan saja. Selain itu, studi tersebut juga bukanlah studi besar, sehingga terdapat kemungkinan para peserta yang terlibat mengalami kekurangan nutrisi lain yang ada di dalam suplemen dan bisa memengaruhi kondisi rambut. Belum ada studi yang menunjukkan bahwa menggunakan produk perawatan rambut dengan kandungan biotin dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

Meski begitu, bukan berarti biotin tidak bisa membantu pertumbuhan rambut. Ia masih dapat memberikan manfaat ini untuk mereka yang ingin mencegah rambut rontok. Pasalnya, biasanya rambut rontok dapat disebabkan karena tubuh kekurangan biotin. Dengan kata lain, mengonsumsi suplemen biotin serta menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung biotin dapat mencegah rambut rontok pada sebagian orang.

Namun yang perlu diingat lebih lanjut ialah rambut rontok juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor lainnya selain kekurangan biotin. Itulah sedikit penjelasan mengenai penggunaan biotin untuk mempercepat pertumbuhan rambut. (*)

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *