July 20, 2024

Kemenangan Dua Kali Timnas Indonesia atas Curacao Jadi Sorotan FIFA, Garuda Dekati Ranking Malaysia

Kemenangan Dua Kali Timnas Indonesia atas Curacao Jadi Sorotan FIFA Kemenangan dua kali timnas Indonesia atas Curacao pada laga FIFA Matchday rupanya tak cuma menjadi perhatian nasional. Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) juga ikut menyoroti bagaimana Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae yong dua kali mempecundangi Curacao yang punya ranking FIFA lebih tinggi.

Seperti diketahui, dua laga yang dilakoni Timnas Indonesia pada ajang ujicoba internasional bertajuk FIFA Matchday semuanya berakhir dengan kemenangan. Duel Indonesia vs Curacao pada laga pertama FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (24/9/2022, tuntas dengan skor 3 2. Tiga gol kemenangan timnas Indonesia kala itu dibukukan oleh Marc Klok, Fachruddin Aryanto, dan Dimas Drajad.

Timnas Indonesia melanjutkan kemenangan pada laga FIFA Matchday kedua melawan Curacao di Stadion Pakansari, Selasa (27/9/2022), dengan skor 2 1. Dimas Drajad kembali mencatatkan namanya di papan skor dan satu gol lainnya tercipta berkat aksi Dendy Sulistyawan. FIFA menyoroti kemenangan timnas Indonesia atas Curacao kemarin malam dengan mengunggah foto salah satu pencetak gol, yakni Dendy Sulistyawan.

"Indonesia kembali mengalahkan Curacao lewat gol Dimas Drajad dan Dendi Sulistyawan. Malam ini yang indah bagi pencinta sepakbola di Indonesia!" tulis FIFA dalam unggahannya di Instagram, Rabu (28/9/2022). Hasil kontra Curacao seakan menegaskan bahwa timnas Indonesia tidak gentar menghadapi tim yang mempunyai peringkat FIFA lebih tinggi. Adapun sebelum menjalani dua laga FIFA Matchday, Indonesia berada di urutan ke 155, sedangkan Curacao menempati posisi ke 84.

Artinya, Indonesia terpaut 71 anak tangga dengan Curacao. Dua kemenangan atas Curacao di FIFA Matchday pun membuat peringkat timnas Indonesia diprediksi meningkat. Kemenangan tersebut membuat Indonesia meraih poin 14,71 berdasarkan itungan football ranking.com yang mengacu pada formula FIFA. Jika diperjelas, Indonesia meraih 7,41 pada laga perdana dan 7,30 pada pertemuan kedua kontra Curacao.

Sebelumnya, Indonesia memiliki 1.019,19 poin dan bertengger di posisi ke 155 FIFA. Jika dijumlah dengan perolehan 14,71 poin, Indonesia kini memiliki 1.033,9 poin. Kemudian, jumlah poin itu berimbas pada ranking FIFA timnas Indonesia.

Indonesia diprediksi naik ke posisi ke 151 di bawah Liberia (1051,25 poin). Prediksi itu dengan catatan negara di atasnya tidak meraup poin pada FIFA Matchday bulan September. Namun, berdasarkan catatan Footy Rank, Indonesia hanya naik di peringkat ke 152.

Alasannya karena Andorra meraup 6,50 poin dan ikut naik peringkat. Secara ranking FIFA di Asia Tenggara, timnas Indonesia masih di bawah Vietnam (97), yang sekaligus tertinggi di ASEAN, Thailand (111), Filipina (134). Rival serumpun Timnas Indonesia, kini makin dekat dalam jangkauan Garuda, Malaysia kini berada dalam ranking FIFA di posisi 148.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *